Thursday, May 28, 2009

"It doesnt matter who my father was, it matters who i remember he was"

Bokap gw bukan pejabat. Bukan anggota DPR, bukan seorang presiden, bukan direktur utama perusahaan A.
Bokap gw bukan siapa - siapa. Bokap gw cuman seorang pegawai biasa di satu perusahaan BUMN di Indonesia.
Bokap gw bukan org kaya... tapi gw tau, bokap gw pekerja keras.
Bokap gw Jujur,Gesit, berwibawa, tegas dan bijaksana...

Waktu kecil, gw sering berantem cuman gara2 rebutan nonton tv. Gw sering marah klo dya ga ngebeliin apa yang gw mau. Bokap juga sering marahin gw ketika gw memang susah dibilangin atau gw ngelakuin kesalahan.
Bokap gw galak, tapi gak pernah mukul. Bokap gw tegas karena dya seorang pemimpin keluarga. bokap gw marah karena gw suka ngelakuin kesalahan...

Bokap gw sosok yang sangat menyenangkan setidaknya buat gw.. Dya selalu ngajarin gw buat sabar ketika gw ga bisa dapet apa yg gw pengenin saat itu juga. Dya ngajarin gw matematika padahal gw tau dy mungkin udah lupa sama pelajaran itu. Dya ga marahin gw ketika gw melakukan kesalahan yg sangat besar, tapi yang dya lakuin memberikan gw pengertian bahwa yg gw lakukan itu salah dan gw harus di beri sanksi...

Dya yang selalu duduk di depan tv, nonton film2 box office n selalu marah ketika gw merengek ingin nonton yang lain hanya karena dya g mau diganggu.
Dya yang selalu seneng klo liat nilai gw bagus.
Dya yang ga pernah mengiming2in gw hadiah klo gw bisa mencapai nilai bagus.
Dya yang pinter dan jenius dan selalu berharap salah satu anaknya bisa ngikutin jejak nya dia dapet beasiswa untuk sekolah di luar negeri.
Dya yang lebih banyak menggunakan bahasa jepang untuk berkomunikasi sesudah dya kena penyakit stroke padahal ga satu pun dari anaknya ngerti bahasa jepang.
Dya yang selalu memeluk gw ketika jalan2 di mall.
Dya yang selalu berusaha mengabulkan permintaan gw...
Dya yang memilih untuk istirahat dirumah ketika dya sadar penyakit stroke telah merenggut beberapa bagian memori otaknya.
Dya yang memilih untuk pensiun dan menghabiskan waktu duduk di depan tv seharian sampe kadang ketiduran...
Ketika aku tanya : " Pap, kenapa siy ga mau kerja lagi?!"
Dya menjawab : " Papap Cape, Papap ngerasa udah ga kaya dulu.. takutnya malah ngecewain banyak orang. Mending Papap dirumah nonton india krn cewenya seksi2.."
*hehehe.... bokap terkadang suka ngaco emang*

gw inget semuanya.. semua tentang bokap...semua hal yang dya ajarin ke gw...
Dya ngajarin gw untuk bertanggung jawab sama diri sendiri, dya yang ngajarin gw untuk bisa sabar, dya yang ngajarin gw bahwa semua itu butuh usaha, dya yg ngajarin gw bahwa hidup ini penuh dengan cobaan, dya yang ngajarin gw untuk jujur dan dya juga ngajarin gw untuk memaafkan orang lain...

Bokap gw bukan bos dikantornya, tapi karena dya terkenal sangat jujur dan berdedikasi pada kantornya, semua kolega kantornya mengenal dan selalu mengingat jasa baik bokap.
Bokap yang dikenal terlalu jujur sehingga sering kali banyak pegawai lain yang sirik sampe2 pengen bokap turun jabatan, "dibikin" sakit. Tapi dya ga pernah dendam.
sekalipun dya tau sapa orang yang udah jahat sama dya, dya ga pernah punya niat untuk bales dendam.

Ketika pada akhirnya bokap cuman bisa ngebimbing gw sampe gw umur 19 thn, dan dya pergi untuk selama - lamanya.. semua tentang dya begitu membekas buat gw. Dya panutan bagi gw, dya pembimbing buat gw.. dan gw sempat merasa kehilangan pegangan ketika dya ga ada. Gw belum sempet ngebanggain dya, gw belum sempet nraktir dya dengan gaji pertama gw, dan gw belum sempet ngasih dya cucu.. gw sedih, gw hancur..

Terakhir kali nya gw liat jasad dan mencium keningnya, gw cuman janji satu hal.. bahwa gw akan lulus secepatnya sehingga walaupun dya tidak ada disamping gw, gw tetep bisa bikin dya bangga.
gw sempet lupa sama janji gw, begitu terpuruknya gw atas meninggalnya beliau sampe2 nilai gw hancur..
Namun, dengan segera gw bangkit... gw coba tuntaskan janji gw kedya.. gw kerjain skripsi gw dengan sepenuh hati. Setiap gw males bikin skripsi, gw cuman inget janji terakhir gw ke dia dan itu bisa bikin semangat gw bangkit lagi.

6 bulan gw selesain skripsi dan sidang gw... kemudian gw dinyatakan lulus... gw langsung sujud syukur, dan nangis .. karena gw bisa nepatin janji gw ke bokap... Nyokap pun berkomentar :" papap pasti bangga liat teteh bisa lulus.. selamat ya sayang"
Saat itu perasaan gw campur aduk, Sedih, Senang, terharu...

Rasanya, wisuda pun jadi tak lengkap buat gw.. Semua foto wisuda kaka gw ada bokap disampingnya.. cuman gw doang yang engga. Tapi gw yakin bokap pasti ngeliat "disana".

Sekarang, gw udah 24 thn, sdh bisa cari nafkah sendiri, sdh bisa menyelesaikan masalah sendiri, sdh bs mencari arti hidup sendiri.. namun semua itu tak lengkap tanpa kehadirannya.

Malam ini, gw mengingat sosok bokap di mata gw.
Gw gak peduli bokap gw bukan presiden atau bukan orang kaya.
Yang gw peduli adalah sosok bokap yang gw inget dan membekas di hidup gw..

Pap, wish u were here... coz i really missing u so bad...
Pap, Teteh udah bisa cari duit sendiri..
Mudah2an disana papap bahagia..
God, please take a gud care of him... cos he's the person that made me who i am rite now..



Robbighfir lii wa li waalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiroo

“Ya Tuhanku! Ampunilah aku, ibu bapakku dan kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil."

*Back song : Dance with my father - Luther Vandross*


2 komentar:

MbakGoes said...

keren ...dan menyentuh..jadi terharuu
tetap menulis ya ^^

inge kalista said...

terimakasih mba gusti...
maklum, malem2 lagi inget almarhum..
hehehehe... sering2 mampir ya..

Post a Comment