Tuesday, May 19, 2009

Emansipasi apa eman si sapi?!

pagi ini dalam perjalanan ke kantor yang panjaaaaangggg dan laaaammmmaaaaa * maklum rumah-kantor udah kaya ke luar kota* gw sedikit tidur2 kecil, karena masih ngantuk * ya iyalah masa tidur karena masih laper*..
sadar2 pas udah keluar tol di mampang prapatan/ ampera... ternyata pagi ini macettt.. ga kaya kemaren jalan agak sedikit lengang...

intermezzo sedikit ah... blog gw di review ama mba Tarie aka Bestari Kumala Dewi dari majalah CHIC *makasih mba Tarie...* dan majalahnya sudah terbit..hehe jadi jangan lupa ya beli majalah CHIC no 37 edisi 20 Mei - 3 Juni 2009. Pilih aku ya ketik REG spasi Primbon kirim ke 4643, jangan lupa sms terus ya! * ih apa seeeyyy?*

*earth calling Inge...Put ur head focusing on the title!!*

dr ampera mau masuk kemang, jalanan ngerayaap aja kaya siput...dipepet bis, dipepet mobil laen... untung aja kakak gw tersayang III * judul sinetron lagi* bekas supir tembak mikrolet... cincay lah jalanan ky gt buat dia mah...
Sampe tanjakan jeruk purut... posisi di depan gw Kopaja 63 jurusan Depok - Blok M... karena pas tanjakan biasanya sang kenek temennya sang gajah turun buat ngeganjel ban KOPAJA pake balok yang udah di buat khusus ama mereka...
sang kenek turun dan dengan sigapnya dya langsung ngeganjel ban belakang itu KOPAJA..hampir aj dy ditabrak sama motor..badan nya kecil, ramping... untung aja motor itu ga sampe nabrak... gw baru ngeh ternyata si kenek itu perempuan....!!!!

sang kenek yg perempuan itu keliatan banget masih muda... umurnya sekitar 15 - 17 thn lah...
pake kaos item, clana jins, sama pake kupluk...gw ternganga,, gw heran, anak sekecil itu perempuan pula udah jadi kenek... yang sebenarnya biasa di lakuin oleh laki - laki yang berbadan besar... antrian panjang pun maju sekitar 200 meter, masih dalam posisi menanjak, kenek perempuan itu dengan sigap ngangkat ganjelan itu ban yang beresiko klo kopaja nya mundur tangannya kelindes..kopaja itu pun maju ninggalin dia... si kenek, lari2 kecil sambil bawa2 balok buat nahan ban kopaja lagi..

disitu gw berfikir.. anak itu gak sekolah? anak itu kok berani ya? krn yang gw tau kan lingkungan supir kopaja dan kenek2 nya itu liar... klo dulu dosen gw pernah bilang, daerah2 yg posisinya deket terminal itu disebutnya Slum area atau daerah kumuh...

7 menit kemudian, antrian pun maju agak panjang.. si kenek lagi2 mengangkat balok nya.. lalu dya lari2 sambil berusaha naik lagi ke kopaja... dya sigap.. dya berani.. padahal itu kan beresiko dya jatuh trus kelindes ama mobil2 di belakangnya....

gw mikir lagi *mikir mulu ya gw?!*... banyak sekarang kita temuin pekerjaan2 cowo yang dikerjain ama laki2...
di daerah rumah gw ada tukang beca cewe, trus supir taksi cewe, sekarang kenek cewe.. masih kecil pula....

apakah ini yang dinamakan emansipasi?! apakah ini yang diperjuangkan oleh Kartini?!

gw jadi berkaca sama diri gw sendiri...gw, yang jauh lebih tua dari kenek itu.. yang selalu takut naek kopaja hanya karena gw punya pengalaman buruk pas naek kopaja * believe me it worst than u could imagine*.. gw yang slalu takut ngambil kesempatan, gw yang suka ngomel2 klo udah kepanasan.. tapi anak itu.. dya lebih berani dan tegar daripada gw.. dan gw maluu.. malu karena gw gak lebih berani dan tegar dari anak yang umurnya pun jauh di bawah gw...

kita, wanita pada khususnya.. slalu merasa berada di bawah bayang - bayang pria.. merasa suka takut dikalahin sama laki - laki..kita, menjunjung tinggi emansipasi, apa yang laki - laki bisa lakuin, kita pun bisa...ternyata.. definisi emansipasi jadi kerasa beda ketika lo liat kejadian pagi ini dari kacamata gw...
cewe-cewe itu lebih kuat dari yang gw bayangkan... mereka berani ambil bagian laki - laki, jadi tukang beca, jadi supir taksi, jadi kenek angkot ato kopaja..

segitu emansipasinya kah dunia ini sampe2 pekerjaan kenek yang berat itu harus di lakuin sama anak perempuan sekecil itu...salah siapa ini? salah pemerintah kah yang buat biaya pendidikan jadi mahal dan ga kejangkau buat org2 kaya mereka, salah orang tuanya kah krn mereka ga bisa mendidik anak perempuannya? emansipasi mereka artikan salah.. atau gw yang mengartikan emansipasi jadi salah?

yang sering kita liat selalu, Presiden wanita, CEO wanita, pemimpin2 wanita.. semua itu wanita2 yang bisa dibanggain.. tapi di balik itu semua, emansipasi buat rakyat2 golongan bawah ga ada artinya.. mereka cuman tau, cari uang buat makan...
gw sedih, gw miris... karena gw wanita... mahluk yang juga sebenarnya lemah...

kemana para lelaki kuat? kemana ayahnya? kemana kakak laki2nya? sampe harus dia yg jadi kenek...
temen gw bilang... " mending jadi kenek tapinya drpada dya ngamen di lampu merah.."
bener siy, tapi kok rasanya kesian gt...

gw trenyuh, gw jadi inget ada org yg bilang " sekali - kali kita harus menengok kebawah supaya kita lebih bisa bersyukur ata apa yg udah kita punya"

gw trenyuh.. sekaligus bersyukur, gw bisa ngejalanin kehidupan gw skrg.. punya kakak laki2 yang cukup bertanggung jawab, walopun kadang - kadang suka nyebelin.
Tapi di lain sisi gw malu.. karena sekali lagi.. gw ga bisa lebih tegar dari anak itu...

Sekali lagi, pagi ini.. gw dapet pelajaran...
sekali lagi, pagi ini... gw dapet teguran...
sekali lagi, pagi ini... gw dikasih kesempatan untuk bersyukur.....

Believe me gurls... be thankful and grateful for what u are really have rite now.. either it is Good or Bad.. kita masih dalam posisi yang 'senang'...

emansipasi buat kita masih terasa mudah dibandingkan orang2 itu....
kita masih bisa ke mall, beli baju, kerja di kantoran yang cuman duduk di ruangan ber-AC , buka2 internet sampe mampir ke blog gw * hehehe.. narcist*, pake baju bagus, punya pendidikan yang tinggi, punya temen2 yang bisa diajak jalan2...
jadi kerasa... God still have mercy for us who read this....

1 komentar:

semuasayanganna said...

udah liat reviewnyaa :)

salam kenal yaaa..

Post a Comment