Wednesday, January 07, 2009

"Agent of change"

gara -gara td ada meeting internal kecil di kantor... n salah satu pembicaranya ngebahas ttg agent of change,,gw jadi kepikiran...

Gw denger kata - kata agent of change itu udah ga asing... dulu jaman gw masih ospek kampus, sering banget senior - senior gw bilang " mahasiswa itu adalah agent of change... "... trus jaman gw ikutan pemilihan ketua lembaga di kampus pun gw ngebahas mengenai agent of change pada saat orasi..*eventhou gw juga ga kepilih jadi ketua lembaga.. hehehe*

seberapa besar siy kontribusi kita buat negara? seberapa besar siy kontribusi mahasiswa buat ngerubah negara yg katanya berantakan ini...? klo dipikir2, jaman gw kuliah dulu ga sedikit dari temen gw yang aktif ikut perkumpulan ini itu n terkadang mereka demo2, orasi2, dengan alasan pengen di denger suara dan aspirasinya...

gw sendiri bukan tipikal org yg seneng ikut2 teriak kaya gt, ato ikut2 long march, ato ikut2 demo... bukan ga peduli sama keadaan negara,.. tapi menurut gw cara itu ga efisien aja...
yang ada.. mahasiswa cuman di cap sebagai tukang demo.. padahal yg teriak2 itu juga belum tentu kuliah nya ga bolong2 ato belum tentu bener lah....
menurut gw... ngatur negara dengan begitu banyak umat manusia di dalamnya bukan suatu hal yg gampang... berjuta - juta kepala dengan ide yg beda, aspirasi yang beda, ekspetasi yang beda, pendapat yang beda, adalah suatu hal yang bisa dibilang tidak mungkin di realisasikan dan jadi semuanya senang...

tapi gw agak sedikit tersentuh pas meeting tadi.... gw langsung flash back ke masa - masa kuliah.. mahasiswa yang dianggap jadi agent of change seringkali masih brutal, mabuk - mabukan, asik dengan dunia nya sendiri.. padahal kita ini adalah bibit - bibit unggul negara yang kalo diasah kita bisa bikin negara kita pun nyaman...

gw ga pernah bisa jadi sesuatu buat orang lain... bukan ga ada keinginan tapi ga pernah mau ambil kesempatan...
dan gw setuju banget sama kata - kata bos gw.. ketika kita khawatir akan sesuatu, kenapa gak kita ikut nyemplung sekalian... biar kita bisa ikut andil, ikut tau apa yang terjadi... biar keliatan kontribusinya...

daripada demo sana demo sini... akhirnya cuman bikin ribut, bikin macet.. toh suara kita juga blm tentu didenger.. kenapa gak kita dayung jalan kita keatas dengan prestasi... kita coba jadi mahasiswa yang bener2 bisa jadi agent of change..

pemilu udah di depan mata... gw sendiri masih belum tau org2 mana yg bisa ngewakilin suara gw.. dan akhirnya gw cuman bisa menghela nafas sambil berfikir....
" ah... kenapa dulu gw ga berusaha mendaki jalan gw supaya bs jadi lebih berguna..supaya punya kontribusi buat negara,,, supaya bisa jadi agent of change yg sesungguhnya..."

dulu gw terlalu takut buat ikut campur hal - hal begitu.. terlalu ga mau pusing sama hal - hal begitu...

sekarang gw malu.. malu kenapa gw ga bs sama sekali kasih kontribusi buat negara yang dari dulu gw tinggalin...

sekarang.. gw cuman bisa protes,, protes ama keadaan negara yg semrawut.. tanpa pernah terfikir oleh gw untuk nyoba nyari tau atau bahkan bikin perubahan.. and i thought i never have a gut to be someone ...

tapi sudah lah,,,at least gw belajar buat ga korupsi.. toh kalo ga dimulai dari diri sendiri kita ga akan pernah bisa maju...

0 komentar:

Post a Comment